Blog & News

Beras Payo Kerinci akan Diluncurkan Sebagai Beras Nasional


TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Usaha pengembangan benih unggul padi payo Pemkab Kerinci melanjutkan kerjasama dengan Badan Atom Nasional (Batan). Ternyata benih padi varietas unggul padi payo tersebut memang disiapkan untuk dikembangkan secara Nasional.


Kepala Bappeda Kerinci, Yanizar mengatakan saat ini proses pengembangan benih padi payo sudah berjalan dengan baik, sejumlah uji coba terus dilaksanakan oleh pihak BATAN.


Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil dari pengembangan benih padi payo yang berkualitas. Seperti dengan rencana sebelumnya yaitu mempersingkat umur padi payo yang masa panennya setahun sekali menjadi enam bulan seperti padi lain halnya, namun tanpa mengurangi rasa dari padi payo tersebut.


"Uji tanam dilaksanakan di Kabupaten Kerinci, sejauh ini berjalan dengan baik," ucapnya Jumat (7/4).


Selama pengembangan benih padi payo ternyata pihak BATAN dan pemerintah juga memiliki keinginan yang besar dalam pengembangan benih padi payo unggul tersebut. Direncanakan benih padi payo tersebut akan dikembangkan untuk beradaptasi bagi semua tanah yang ada di Negara Indonesia.


Pihak Batan sudah dan akan melaksanakan uji tanam bagi benih padi payo tersebut disejumlah daerah di Indonesia. Benih Padi Payo tersebut terus dikembangkan untuk bisa ditanam disemua daerah dengan struktur tanah yang berbeda.


"Pihak BATAN akan menguji coba tanam di 20 lokasi di Indonesia, namun yang jelas dijadwalkan pada Akhir 2017 atau awal 2018 peluncuran benih payo secara nasional akan dilaksanakan," jelasnya.


Ditambahkannya, selain benih payo Pemkab Kerinci dalam waktu dekat akan mendirikan bank perkreditan rakyat (BPR) dengan tujuan mendukung usaha masyarakat Kerinci termasuk petani.


Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin menambahkan Pihak pemkab sudah lama menjalin kerjasama dengan pihak BATAN untuk mengembangkan beras payo. Khususnya memperpendek umur namun tidak mengurangi kualitas dan cita rasa.


"Sudah beberapa kali uji coba sudah mulai menampakkan hasil. Saat ini varietas padi payo terus dilakukam uji genetik," jelas Wabup.


Disamping itu, Wabup juga telah melakulan diskusi ringan bersama ketua Yayasan Jambi Tuntas dan Bulok Pusat dan pihak terkait. Hal ini mengenai persiapan launching padi payo yang terkenal kelezatannya. Persiapan peluncuran beras Kerinci (beras payo) sebagai beras Nasional akan dilakukan dalam waktu dekat di Kerinci.


"Pada tanggal 17 April ini kita akan luncurkan beras payo sebagai beras nasional," imbuhnya.

Wabup Zainal mengatakan dengan peluncuran beras payo nanti maka akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kerinci.


Penulis: hendri dede

Editor: fifi

Sumber: (tautan)

#BerasPayo #Jambi

Featured Posts
Posts Are Coming Soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Instagram Basic Black