Blog & News

Kekayaan Flora dan Fauna di Taman Nasional Kerinci Seblat


HarianBernas.com - Wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan Taman Nasional yang berada di 4 Provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Masuk ke dalam 9 kabupaten, 43 kecamatan dan 134 desa sehingga di taman nasional ini adalah rangkaian pegunungan Bukit Barisan Selatan di Pulau Sumatera bagian tengah.


Karena luasnya inilah maka Taman Nasional ini memiliki banyak ekosistem. Dari ekosistem inilah, terdapat kekayaan flora dan fauna di dalamnya. Di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat secara umum tumbuh lebih kurang 4.000 jenis flora dari 63 famili.


Jenis flora tersebut banyak terdapat di kawasan hutan yang di telah di dominasi oleh oleh famili Dipterocarpaceae, Leguminosae, Lauracea, Myrtaceae, Bommacaceae, Moracea, Anacardiaceae, Myristicaceae, Euphorbiaceae serta Meliaceae.


Sedangkan di ketinggian 500 m hingga 2000 m dpl, jenis flora yang tumbuh di hutan ini telah banyak didominasi oleh famili dari Fagaceae, Erycaceae serta semak-semak sub alpin dari jenis Vaccinium dan Rhododendron.


Taman Nasional Kerinci Seblat juga terdapat banyak jenis vegetasi yang menjadi ciri khasnya, seperti Histiopteris insica atau tumbuhan berpembuluh tertinggi yang dapat ditemui di dinding kawah Gunung Kerinci, berbagai jenis tumbuhan seperti Nepenthes sp, Pinus mercusii strain Kerinci, Kayu Pacat atau Harpullia arborea, Bunga Raflesia atau Rafflesia arnoldi, Agathis sp.


Di tahun 1993, Biological Science Club (BScC) telah melakukan penelitian di daerah buffer zone dan menemukan 115 jenis vegetasi ethnobotanical. Jenis vegetasi ini dapat digunakan untuk keperluan obat-obatan, kosmetik, makanan, anti nyamuk, dan berbagai keperluan rumah tangga.


Untuk jenis fauna yang ada dalam Taman Nasional Kerinci Seblat tercatat 42 jenis mamalia, 10 jenis reptil, 6 jenis ampibi, 306 jenis burung dari 49 famili serta 8 jenis burung endemik.


Beberapa jenis mamalia bisa dijumpai seperti Badak Sumatera atau Dicerorhinus sumatrensis, Gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatrensis, Macan Dahan atau Neopholis nebulosa, Harimau Loreng Sumatera atau Panthera tigris sumatrensis, Kucing Emas atau Felis termminncki, Tapir atau Tapirus indica, Kambing Hutan atau Capricornis sumatrensis.


Sedangkan untuk jenis amphibia yang ada di Taman Nasional Kerinci Seblat antara lain: Katak Bertanduk (Mesophyrs nasuta), jenis primate yaitu Siamang (Sympalagus syndactylus), Ungko (Hylobates agilis), Wau-wau Hitam (Hylobates lar), Simpai (Presbytis melalobates), Beruk (Macaca nemestrina) serta Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis).


Jenis burung endemik yang ada di Taman Nasional ini seperti Burung Tiung Sumatera (Cochoa becari), Burung Puyuh Gonggong (Arborophila rubirostris), Burung Celepuk (Otus stresemanni) serta Burung Abang Pipi (Laphora inornata).


Banyaknya jenis-jenis flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat ini semakin membuat kita sebagai masyarakat Indonesia mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan. Sehingga kita sebagai generas muda Indonesia harus mau menjaga keindahan dan kelestarian alam Indonesia.

Sumber: (tautan)


Featured Posts
Posts Are Coming Soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Instagram Basic Black

© Copyright 2016  |  By : PT. Lembah Kerinci Developindo